Senin, 12 Januari 2009

PROGRAM KERJA KEAGAMAAN 0809

PROGRAM KERJA KEGIATAN KEAGAAMAAN
MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI LEUWISARI
TAHUN PELAJARAN 2008/2009

A. DASAR PEMIKIRAN
Kemajuan suatu bangsa secara sederhana dapat diukur dari tingkat produktifitas masyarakatnya, hal ini sangat ditentukan oleh kualitas Sumber Daya Manusia. Sumber daya manusia ditentukan oleh tingkat kecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan emosional (EQ) dan diimbangi dengan kecerdasan spiritual (SQ) ketiga hal tersebut harus berkembang secara seimbang agar diperoleh sumber daya manusia dengan kualitas menyuluruh (Kaffah), untuk mencapainya dilakukan melalui pendidikan, baik yang formal maupun informal serta memerlukan kontribusi dari semua pelaku ( Stake holder ) pendidikan.
Permasalahan sosial yang berkembang dikalangan masyarakat maupun generasi muda sebagai anak bangsa ditandai dengan adanya krisis kepercayaan, dekadensi moral, pergaulan bebas, tawuran antar pelajar. Ini semua mencerminkan proses pendidikan yang selama ini dilaksanakan masih ada ketimpangan dimana kecerdasan spiritual (SQ) belum mendapat porsi yang lebih besar dan memadai. Sebagai salah satu alternatif pemecahan masalah yaitu dengan meningkatkan porsi kecerdasan spiritual (SQ) lewat pendidikan formal.
Madrasah Tsanawiyah Negeri Leuwisari adalah salah satu Madrasah yang ada di wilayah Kabupaten Tasikmalaya yang berupaya secara komitmen untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia secara menyeluruh dengan program-program yang disiapkan dan terencana. Dengan Visinya yang berbaju “CERIA” MTs.N Leuwisari secara bertahap dan terus menyiapkan siswa yang cerdas, islami dan berakhlak mulia. Dalam upaya merealisasikan Visi tersebut, maka dibuat rencana kegiatan keagamaan dengan harapan dapat meningkatkan kualitas siswa dalam kecerdasan spiritual (Keagamaan). Sehingga menjadi siswa yang soleh berbakti kepada Agama, Nusa dan Bangsa.

B. MAKSUD DAN TUJUAN
Maksud dan tujuan kegiatan keagamaan adalah sebagai berikut :
1. Meningkatkan Intensitas Dakwah islamiyah kepada siswa dalam rangka membangun siswa sebagai generasi muda yang reigius, sebagai implementasi islam adalah rahmatanlilalamin.
2. Membangun kesadaran siswa bahwa kegiatan keagamaan akan memotivasi sikap beragama yang baik dan kontinyu.
3. Membangun pribadi siswa yang terbiasa dalam melaksanakan ibadah.
4. Menciptakan generasi dengan tingkat kecerdasan spiritual (SQ) yang baik, sehingga akan melahirkan generasi yang menjunjung tinggi etika, moral dan nilai-nilai religius.

C. DASAR HUKUM
1. Al-Qur’an dan Al-Hadits Rosululloh SAW.
2. TAP MPR No. III/MPR/1983 Tentang pembentukan sumber daya manusia yang seutuhnya.
3. UU. No. 02/1989 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
4. Hasil musyawarah kepala MTs.N dan guru-guru & stap karyawan MTs.N Leuwisari.

D. RENCANA KEGIATAN
Kegiatan keagamaan secara umum terbagi dua bagian yaitu ada yang bersipat Continue (setiap hari sekolah), dan ada yang bersifat Insitental dihubungkan dengan PHBI untuk lebih jelasnya kegiatan keagamaan dapat dlihat dalam format berikut :
NO
NAMA KEGIATAN
WAKTU/HARI
1
Tadarusan
15 Menit Jam pertama
2
Yasinan
Jum’at
3
Seni Baca Al-Qur’an
Jum’at
4
Sholat Berjamaah
12.00 – 12.20
5
Kaligrafi
Selasa
6
PHBI
A. Muharaman ( Tahun Baru Islam )
B. Muludan ( Peringatan Kelahiran Kangjeng Nabi Muhammad SAW )
C. Isro Mi’raj ( Peringatan Isro Mi’raj Kangjeng Nabi Muhammad SAW )
D. Silaturahmi antar warga madrasah ( Kepala, guru dan Karyawan ) setelah Hari Raya Idul Fitri
E. Pengajian Forum Guru, Karyawan serta silaturahmi setelah Idul Fitri
Disesuaikan dengan peringatann atau pelaksanaannnya

F. PESERTA KEGIATAN
Peserta kegiatan keagamaan ini adalah seluruh siswa MTs.N Leuwisari dari mulai kelas 7 sampai dengan kelas 3.
G. SUMBER DANA
Sumber dana pembiayaan kegiatan keagamaan ini berasal dari :
a. RAPBM, BOS, DIPA Tahun Anggaran 2006 serta Dermawan dan Donatur

H. PELAKSANAAN
Pelaksanaan kegiatan ini adalah seluruh siswa, dibimbing oleh para pembantu kepala bidang keagamaan serta dibantu oleh seluruh guru dan karyawam MTs.N Leuwisari.

I. PENUTUP
Demikian program kerja ini dibuat sebagai dasar dalam pelaksanaan kegiatan dalam bidang keagamaan. Dengan harapan mendapat Ridho Alloh SWT, dan partisipasi aktif dari semua pihak baik dukungan moril maupun materil, sehingga akan tercapai tujuan bersama yang diharapkan.

Sariwangi, 15 Juli 2005

Mengetahui Pembantu Kepala Bidang
Kepala MTs.N Leuwisari, Keagamaan,


Drs.Sofyan Abdullah, M.Ag. Ade Nandang, S. M.Ag.
NIP. 150222047 NIP. 150291923




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar